Senin, 02 Juli 2012

Contoh Makalah Kerumunan Sosial

 Kerumunan (Crowd)
       Yaitu individu yang berkumpul secara bersamaan serta kebetulan di suatu tempat dan juga pada waktu yang bersamaan.
Kerumunan jelas tidak terorganisasi: ia dapat mempunyai pimpinan, akan tetapi ia tidak mempunyai sistem pembagian kerja maupun sistem pelapisan sosial. Artinya: pertama-tama adalah bahwa interaksi di dalamnya bersifat spontan dan tidak terduga, dan kedua adalah bahwa orang-orang yang hadir dan berkumpul mempunyai kedudukan sosial yang sama.Identitas sosial seseorang biasanya tenggelam apabila orang yang bersangkutan ikut serta dalam suatu kerumunan.

Bentuk umum kerumunan sebagai berikut :
A.  Kerumunan berartikulasi dengan struktur sosial :
1.      Khalayak penonton atau pendengar yang formal (formal audiences) merupakan kerumunan-kerumunan yang mempunyai pusat perhatian dan persamaan tujuan akan tetapi sifatnya pasif, misalnya menonton konser.
http://koreanindo.files.wordpress.com/2012/02/20120211_infinite_secondinvasion9.jpg?w=652
Bintang bersinar Hallyu, INFINITE, akhirnya mengadakan konser solo pertama mereka di Seoul Olympic Park pada tanggal 11 febuari. Konser yang berjudul “Second Invansion” ditonton oleh banyak fans yang tidak hanya berasal dari Korea tetapi juga luar negeri. Seperti yang diberitakan sebelumnya, tiket konser ini terjual habis dalam beberapa menit saat penjualan. Meskipun tidak bisa mendapatkan tiket, fans yang berasal dari luar negeri terbang dan bisa mengambil bagian dari konser ini. Mereka terlihat berkeliaran di venue sepanjang konser, salah satu dari fan mengungkapkan “Kami datang supaya setidaknya kami bisa mendengarkan suara mereka
Konser dimulai dengan lagu favorit seperti “Come Back Again” dan “Hysterie“. Para member menyambut fans dengan menyatakan “Kami sangat bersyukur karena begitu banyak dari kalian datang ke konser pertama kami. Silahkan menikmati konser sampai menit terakhir”. Untuk lebih terlibat dengan fans, para member menggunakan lorong diantara platform panggung untuk perform sebaik mungkin, dan menyebabkan kerumunan fans takjub dengan koreografi mereka yang sempurna. Selain lagu-lagu popular mereka, para member juga membawakan lagu-lagu yang belum di promosikan seperti “Tic Toc“, “Wings” dan “Fixed Stars
INFINITE  juga menampilkan penampilan solo masing-masing. L dan Sungjong bekerja sama untuk sebuah remake dari “That I’ve Lived Next To You” dengan L bersenandung kepada penonton dengan suara lembutnya dan Sungjong menemaninya dengan piano. ; Leader Sunggyu menampilkan solo tracknya “Because”; Dongwoo dan Hoya, hip hop line di group, atau “INFINITE H” menampilkan ke-cool-an mereka dengan “Crying” dan “You Look Well“; diikuti dengan Woohyun yang memberikan performance yang emosional dengan “Time”
Meskipun tiap anggota memberikan kesan kepada para penonton, performance yang paling mengejutkan dan lucu pada malam itu adalah ketika Sungjong dan Sungyeol membawakan lagu “Trouble Maker“. Fans berharap melihat Sungjong menjadi HyunA, tetapi sebenarnya Sungyeol yang menjadi “gadis seksi” dengan wig panjang dan dress merah pendek. Sungjong mengambil peran Hyunseung dan menampilkan sisi maskulinnya
Kelompok ekspresif yang telah direncanakan (planned expressive group), adalah kerumunan yang pusat perhatiannya tak begitu penting akan tetapi mempunyai persamaan tujuan yang tersimpul dalam aktifitas kerumunan tersebut serta kepuasan yang dihasilkannya, misalnya orang yang berdansa.






2.      Kelompok ekspresif yang telah direncanakan (planned expressive group), adalah kerumunan yang pusat perhatiannya tak begitu penting akan tetapi mempunyai persamaan tujuan yang tersimpul dalam aktifitas kerumunan tersebut serta kepuasan yang dihasilkannya, misalnya orang yang berdansa.
Tari Pendet - Seni Tari dari Bali - Sejarah Tari Pendet
Pulau Bali adalah salah satu tempat wisata andalan Indonesia yang terkenal ke seluruh penjuru dunia karena keindahan alam dan budayanya. Hampir setiap hari ada rombongan Turis lokal/ domestik maupun asing yang berbondong-bondong datang ke Pulau Dewasa untuk berwisata, jumlah wisatawan akan meningkat di saat musim liburan. Salah satu prosesi penyambutan tamu yang sering dipentaskan adalah Tari Pendet.
Tari Pendet diciptakan oleh I Wayan Rindi (1967), maestro tari dari Bali yang dikenal luas sebagai penggubah tari pendet sakral yang bisa di pentaskan di pura setiap upacara keagamaan. Pada awal penciptaan, tarian ini merupakan tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Gerak Tari ini simbol penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Tetapi, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Tari Pendet menjadi “tarian ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. 
Diyakini bahwa Tari Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis. Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.
B.      Kerumunan yang bersifat sementara (casual crowds) :
1.      Kumpulan yang kurang menyenangkan adalah orang-orang yang antri tiket dan sebagainya.
Lady Gaga akan menggelar konser  di Jakarta pada 3 Juni 2012. Kedatangan Lady Gaga ke Indonesia hanya satu dari serangkaian kegiatannya di Benua Asia. Untuk konser bertajuk The Born This Way Ball  ini, penyanyi asal Amerika itu diurus oleh promotor Big Daddy, yang sebelumnya sudah mendatangkan Linkin Park dan Roxette ke Jakarta.
Meski perhelatan akbar baru dieksekusi Juni mendatang, penjualan tiket sudah mulai dibuka hari ini, Sabtu 10 Maret 2012. Guna mengakomodasi kebutuhan tiket calon penonton, Big Daddy membuka loket pada tiga kota: Jakarta di FX Senayan; Surabaya di My Ticket Outlet dan Grand City; serta Bandung di Jalan Junjuan Dalam No. 11.
Di Jakarta, penjualan tiket dilakukan sejak pukul 10.00. Tapi nyatanya pelataran FX sudah dibanjiri calon pembeli tiket sejak dini hari tadi, tepatnya sekitar pukul 02.00. Entah karena mereka tidak sabaran atau takut kehabisan tiket, namun mereka rela menginap di ruang terbuka untuk Lady Gaga.   







2.      Kerumunan orang-orang yang sedang dalam keadaan panik (panic crowds) :
Merupakan orang-orang yang bersama-sama berusaha   menyelamatkan diri dari suatu
bahaya, misalnya lari karena ada gempa.

Gempa berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang berpusat di Aceh juga membuat masyarakat di Medan berhamburan keluar rumah. Selain itu, pegawai di kantor pemerintahan, karyawan hotel maupun pengunjung di pusat perbelanjaan, memilih keluar dari dalam gedung. Mereka melakukan ini karena mengkhawatirkan gempa yang dirasakan sangat kuat itu membuat gedung maupun rumah masyarakat rubuh. Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa akibat gempa tersebut.  
Rabu sore, situasi di Jl S Parman Medan mengalami kemacetan akibat karyawan maupun pengunjung di Grand Swiss - Belhotel, salah satu hotel maupun pusat perbelanjaan di kawasan itu, memadati jalan tersebut. Sebagian pengunjung keluar dari dalam gedung karena merasakan getaran yang sangat kuat. Ada yang turun dari lantai atas dengan menggunakan jalur tangga darurat. Kondisi ini juga terdapat di kawasan Jl Perintis Kemerdekaan Medan.  





C.      Kerumunan yang berlawanan dengan norma-norma hukum (lawles crowds):
1.      Kerumunan Demonstran (acting mobs).
Kerumunan-kerumunan semacam ini bertujuan untuk mencapai suatu tujuan  tertentu dengan mempergunakan kekuatan fisik yang berlawanan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Kerumunan para demonstran di depan Istana Negara     

Seperti yang telah diramalkan oleh berbagai media, iklim perpolitikan hari itu pun kian memanas oleh berbagai elemen masyarakat, khususnya mahasiswa. Rencananya mereka akan menggelar demo besar-besaran atas kekecewaan terhadap pemerintah.  Aku pun tak mau melewatkan momen ini. Maka, meluncurlah aku ke lokasi utama yang rencananya akan disambangi oleh para demonstran. Yaitu Istana Negara.

Benar saja, di situlah para masyarakat berkumpul, mencoba menyuarakan nasibnya kepada pemerintah. Banyak cara yang dilakukan para demonstran, mulai dari membuka Pasar Lupa yang  berisikan para kerabat korban pelanggaran HAM,  hingga aksi teatrikal mengenai kegagalan SBY  dalam memberi penghidupan yang layak untuk rakyatnya. Tak lupa mereka juga menggunakan berbagai spanduk dan poster bikinan sendiri yang ertuliskan bermacam tuntutan.

Polisi ternyata habis kesabaran juga dalam menghadapi para demonstran, mereka pun menyemprotkan gas air mata, yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemacetan karena aksi demonstrasi terjadi di beberapa ruas jalan, salah satunya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Markas Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera), disebabkan para demonsran terlibat bentrok dengan polisi.

Usai menyuarakan berbagai rasa kecewa mereka terhadap pemerintahan SBY-Boediono, para demonstran pun pulang menggunakan transportasinya masing-masing. Yang tersisa hanyalah pagar pengaman berduri yang telah porak poranda serta beberapa orang pemulung sampah.

Tuntutan serta teriakan para demonstran pun tampaknya menguap begitu saja seiring kepulangan mereka. Mimpi para mahasiswa untuk dapat menggelar demo besar-besaran seperti saat Reformasi 1998, nampaknya memang masih menjadi mimpi.

2.      Kerumunan yang bersifat immoral (immoral crowds), hampir sama  dengan kelompok-kelompok ekspresif, akan tetapi bedanya adalah bahwa yang utama bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat.


Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.
Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun terkadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.
Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka. Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.
Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.
Punk juga merupakan sebuah gerakan perlawanan anak muda yang berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves. Penilaian punk dalam melihat suatu masalah dapat dilihat melalui lirik-lirik lagunya yang bercerita tentang masalah politik, lingkungan hidup, ekonomi, ideologi, sosial dan bahkan masalah agama.

3 komentar:

  1. Woori Casino Login - Play on Mobile or Desktop
    The Woori Casino App will be 1xbet app available at Woori Casino poormansguidetocasinogambling.com on a mobile or desktop basis. worrione To play on https://octcasino.com/ our mobile or desktop, you can also play with your desktop browser, หาเงินออนไลน์

    BalasHapus